Apakah Anda Sedang Mencari Dana Untuk Modal Usaha?


Modal…, itulah kendala umum yang selalu dihadapi bagi sebagian orang yang ingin terjun ke dunia usaha. Keterbatasan dana membuat banyak orang mengurungkan niat mereka untuk membangun sebuah bisnis, namun bagi sebagian orang itu adalah tantangan tersendiri dan umumnya mereka akan mencari modal usaha dengan cara memanfaatkan fasilitas kredit. Iya mendapatkan pinjaman adalah salah satu cara untuk kita mendapatkan modal awal untuk membangun sebuah usaha.

Namun sebelum anda mencari modal usaha dengan jalan kredit, tentu harus ada perhitungan yang sangat cermat. Hampir setiap hari ada orang yang mengalami kebangkrutan yang diakibatkan oleh utang yang sebelumnya tidak diperhitungkan secara teliti. Dalam hal memperoleh kredit kita harus benar-benar mengetahui secara detail mengenai program kredit yang ditawarkan oleh pemberi kredit apakah itu lembaga atau perorangan. Pastikan anda membaca secara seksama persyaratan dan ketentuannya. Bunga kredit adalah salah satu yang harus menjadi pusat perhatian, jangan tergiur dengan proses yang cepat atau kredit tanpa jaminan namun bunga kredit melebihi standar.

Hal lain yang harus diperhatikan adalah pastikan anda memperoleh kredit dengan jumlah yang melebihi dari modal yang diperlukan. Kenapa demikian? Karna jika anda hanya mendapatkan uang yang pas-pasan atau hanya cukup untuk modal awal saja, tentu tidak aka nada back-up dana ketika anda tidak mampu membayar cicilan. Bagi sebagian usaha akan langsung mendapatkan keuntungan sejak awal merintis, dan itu tidak akan menjadi masalah untuk pembayaran kredit. Namun apabila usaha kita harus rugi di awal-awal perjalanan misalnya karna belum terkenal atau belum memiliki banyak pelanggan, tentu uang sisa tersebut akan sangat membantu untuk membayar kredit sehingga kita tetap masih bisa melanjutkan usaha kita.

Ada begitu banyak lembaga keuangan yang menyediakan fasilitas kredit dengan berbagai flesibilitas yang mereka tawarkan. Namun sekali lagi berfikirlah secara bijak sebelum anda memutuskan untuk mengajukan kredit atau mencari modal usaha.