Social Icons

Cara Mendapatkan Pinjaman Untuk Modal Usaha


Jika kita ingin terjun ke dunia bisnis, hal mutlak yang harus dimiliki adalah modal selain beberapa factor pendukung lainnya. Besarnya modal yang kita butuhkan bisa sangat bervariasi dari yang jumlahnya kecil, sedang atau pun besar berdasarkan kebutuhan dan jenis usaha yang ingin dijalankan. Bagi anda yang memiliki tabungan yang cukup, tentu anda dapat memanfaatkan tabungan tersebut sebagai modal usaha. Namun bagi yang tidak memiliki tabungan, anda dapat mensiasatinya dengan cara meminjam. Lalu dari manakah anda dapat memperoleh pinjaman untuk modal usaha? Berikut beberapa sumber yang bisa kita manfaatkan untuk mendapatkan pinjaman :

Memanfaatkan Kredit Bank

Hampir semua Bank atau Koperasi memiliki program untuk pembiayaan UKM. Anda bisa memperoleh pinjaman untuk modal usaha anda dengan cara mengajukan kredit pada Bank atau Koperasi. Jika anda memenuhi persyaratan yang ditentukan, tentu pinjaman pun akan mudah anda dapatkan.

Menggadaikan Barang Berharga

Tidak ada salahnya jika anda menggadaikan barang-barang berharga anda untuk sementara waktu demi mendapatkan uang untuk modal usaha. Barang-barang berharga yang bisa kita manfaatkan untuk digadaikan seperti perhiasan, sertifikat rumah atau BPKB kendaraan. Ada begitu banyak tempat menggadaikan barang berarga, namun sebaiknya anda cermat dalam memilih tempat menggadaikan barang yang dapat dipercaya dan tidak bermasalah dikemudian hari. Salah satu tempat yang bisa dipercaya adalah perum pegadaian milik pemerintah.

Meminjam dari Kerabat atau Saudara

Cara lain mendapatkan modal usaha adalah meminjam dari kerabat dekat anda atau pu saudara. Cobalah meminta bantuan kepada rekan-rekan anda atau saudara anda yang anda yakini dapat membantu anda. Walau pun meminjam dari teman atau saudara, ada baiknya anda mengisi sebuah perjanjian hitam di atas putih sebagai bukti transaksi. Dengan demikian kedua belah pihak akan merasa lebih saling percaya dan menghindarkan  dari hal-hal yang tidak diinginkan kelak di kemudian hari. Karena masalah uang sangat rentan menimbulkan perselisihan bahkan perpecahan di antara teman atau keluarga.

Setelah anda mendapatkan modal, sebaiknya anda dapat memanfaatkannya dengan bijak sehingga bisa tepat guna dan mendapaatkan keuntungan seperti yang diharapkan. Mudah-mudahan cara di atas dapat menjadi sumber ide bagi anda yang sedang bingung tentang bagaimana cara mendapatkan pinjaman untuk modal usaha.