Bisnis UKM Sebagai Penopang Perekonomian bangsa


Bisnis UKM atau Usaha Kecil dan Menengah bisa dibilang sering kali sebagai penyelamat perekonomian suatu Negara. Seperti yang sudah-sudah, ketika perekonomian suatu bangsa dihadapkan pada suatu krisis dan menyebabkan beberapa perusahaan besar mengalami kebangkrutan, geliat UKM masih bisa menunjukan eksistensinya. Krisis ekonomi tidak berpengaruh begitu signifikan terhadap usaha kecil dan menegah yang umumnya menyasar kebutuhan pokok rakyat kecil. Karena itulah ketika krisis terjadi, perekonomian akan bertumpu pada Bisnis UKM.

Dengan alasan itu pula, saat ini pemerintah Indonesia terus menggalakkan program-program yang menguntungkan bagi Bisnis UKM. Salah satu program yang digencarkan yaitu permodalan untuk usaha kecil dan menengah yang menyasar pada kalangan bawah. Berbagai kemudahan diberikan dalam rangka mendukung meningkatnya minat masyarakat terhadap jenis usaha kecil dan menengah tersebut. Tujuannya adalah mendorong terciptanya pelaku-pelaku pengusaha baru khususnya kalangan anak muda. Dengan program-program yang diberikan pemerintah, diharapkan lebih banyak lagi masyarakat yang terjun ke dunia wirausaha yang jumlahnya masih dibilang relative sedikit jika dibandingkan dengan jumlah penduduk.

Dengan bertambahnya para pengusaha yang terjun di bisnis UKM, secara langsung akan membawa dampak positif bagi perekonomian serta membuka lapangan pekerjaan baru yang berdampak mengurangi pengangguran dan mengurangi tingkat kriminalitas. Dengan demikian perekonomian Indonesia secara umum akan terus mengalami peningkatan dan diharapkan mampu diikuti dengan kesejahteraan masyarakat yang merata.

Namun seyogyanya apa pun program pemerintah yang berpihak pada rakyat kecil hendaknya mendapat dukungan penuh dari seluruh lapisan masyarakat. Sebab program pemerintah yang sehebat apa pun jika tidak mendapatkan dukungan dari rakyatnya, tentu semuanya akan sia-sia. Pemerintah tidak dapat bekerja sendiri, harus ada dukungan yang bersinergi demi terciptanya kesejahteraan masyarakat yang kita idam-idamkan selama ini. Mudah-mudahan bisnis UKM mampu terus memberikan sumbangsih bagi kelangsungan ekonomi bangsa kita. Ayo terus maju para pelaku bisnis UKM.