Beberapa Contoh Usaha Kecil Yang Paling Diminati


Contoh usaha kecil yang diminati saat ini sangat beragam sesuai dengan kemampuan masing-masing. Memang sebaiknya menjalani sebuah bisnis hendaknya didasari rasa suka atau hobi. Dengan kita menjalani berdasarkan hobi, kemungkinan untuk bertahan akan lebih lama dan tanpa beban. Selain menguntungkan secara financial, menjalani bisnis berdasarkan hobi juga sekaligus dapat menyalurkan apa yang kita mampu. Berikut adalah beberapa contoh usaha kecil yang umumnya diminati oleh masyarakat kita :

Bisnis Kuliner

Bisnis kuliner memang salah satu bisnis yang menjanjikan saat ini. Banyak sekali peluang usaha yang bisa kita manfaatkan dari dunia kuliner walau pun dengan modal yang minim. Berjualan gorengan misalnya adalah contoh usaha kecil di bidang makanan yang bisa anda geluti. Selain modal yang relative sedikit, berjualan gorengan juga bisa dilakukan sebagai sampingan sehingga tidak mengganggu pekerjaan utama. Contoh lain dari dunia kuliner adalah berjualan minuman seperti jus buah atau es buah. Bisnis ini juga tidak memerlukan modal yang cukup banyak dan tidak sulit untuk dilakukan. Berjualan aneka minuman sangat cocok dijalankan di Indonesia yang memiliki iklim tropis.

Bisnis Bidang Jasa

Beberapa contoh usaha kecil di bidang jasa diantaranya cukur rambut, jasa pengetikan, jasa cuci motor, jasa pijat dan lain sebagainya. Jika anda memiliki keterampilan khusus seperti mencukur rambut, hal tersebut dapat dimanfaatkan dengan membuka jasa cukur rambut. Jenisusaha ini juga tidak memerlukan biaya yang besar dan bahkan anda bisa lakukan di rumah sendiri atau berdasarkan panggilan dari rumah ke rumah. Ada begitu banyak peluang usaha di bidang jasa yang bisa kita manfaatkan berdasarkan keterampilan yang kita miliki.

Contoh di atas hanya sekelumit peluang yang bisa kita tekuni dan tentu sangat menjanjikan sebagai sumber penghasilan. Jika kita cermat dan mau berusaha, ada banyak sekali jenis usaha yang bisa kita jalankan. Peluang yang ada tidak akan berguna jika tidak dibarengi dengan usaha dan kerja keras serta keseriusan untuk memanfaatkan dan menjalankannya. Karena sebuah bisnis memerlukan sebuah ketekunan dan keseriusan. Dalam setiap hal kendala dan rintangan pasti ada, namun jika kita kita menjalaninya berdasarkan hobi, tentu itu akan menjadi tantangan tersendiri yang dapat memacu motivasi diri untuk arah hidup yang lebih baik. Semoga contoh usaha kecil di atas dapat menjadi inspirasi.