Merintis Bisnis Sampingan Menjadi Bisnis Utama


Menjalankan sebuah bisnis bukanlah sesuatu yang mudah, namun juga tidak sesulit membuat sebuah roket. Artinya setiap orang mampu melakukannya asalkan mereka tau caranya serta mempunyai keberanian untuk menjalankannya. Kebanyakan orang menjalankan sebuah bisnis diwali sebagai pekerjaan sampingan,bukan sebagai pekerjaan utama. Ada beberapa hal yang mendasari hal tersebut, diantaranya mereka belum rela meninggalkan pekerjaan sekarang yang sudah dirintis, karena mereka belum yakin akan mampu mendapatkan keuntungan dengan menjalankan sebuah bisnis. Oleh karena itulah usaha yang mereka jalankan mereka sebut bisnis sampingan.

Masuk akal memang jika seseorang belum berani memfokuskan dirinya untuk terjun ke dunia bisnis secara total. Jika salah langkah dan bisnis tidak berjalan sesuai keinginan, maka akan ada penyesalan karena telah meninggalkan karir yang telah dirintis demi sebuah bisnis. Namun pada dasarnya setiap tindakan pasti mengandung resiko. Namun dengan perhitungan dan perencanaan yang matang, kemungkinan resiko itu masih bisa diminimalisir. Sama halnya ketika kita memutuskan untuk terjun ke dunia bisnis dan harus meninggalkan pekerjaan yang telah kita miliki, perhitungan dan perencanaan yang matang harus dilakukan sebelum mengambil keputusan tersebut. Sehingga kita berani menjadikan sebuah bisnis sebagai pekerjaan utama kita, bukan sebagai pekerjaan sampingan.

Totalitas memang diperlukan dalam menjalankan sebuah bisnis, karena ada begitu banyak hal yang harus kita perhatikan untuk menjalankan sebuah bisnis. Di awal perjalanan pastinya akan menemui banyak kendala, nah disitulah diperlukan kesabaran jika kita ingin sukses di dunia bisnis. Gampang menyerah bukanlah karakter seorang pebisnis, karena bisnis harus dijalankan dalam jangka panjang. Jika anda berfikir untuk menjalankan bisnis hanya untuk sementara, lebih baik anda jangan memulainya. Sebuah bisnis hendaknya dirintis seperti kita merawat seorang bayi, dimana ada tahapan-tahapan yang harus dilalui.

Seberapa pun skala bisnis yang kita jalankan entah itu skala besar, sedang atau pun kecil hendaknya dilakukan secara serius. Keseriusan dan ketekunan memang sangat diperlukan demi menjada kualitas dari bisnis yang kita jalankan. Karena apapun yang kita jalankan jika dilakukan dengan sungguh-sungguh tentu akan sesuatu yang luar biasa di kemudian hari. Bukan tidak mungkin jika bisnis yang kita jalankan yang awalnya berskala kecil jika kita menjalankanya secara focus, suatu saat perlahan tapi pasti akan menjadi sebuah bisnis yang sangat besar. Dengan demikian tidak ada lagi istilah bisnis sampingan.